Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Saturday, July 13, 2019

Pemko Kembali Gelar Lomba Napak Tilas ke-XV

Warisi Jiwa dan Semangat Perjuangan Bagindo Aziz Chan
Padang(SUMBAR).BM- Pemerintah Kota Padang kembali menggelar Lomba Napak Tilas Bagindo Aziz Chan di tahun 2019. Untuk panitia kegiatan ini seperti biasa kembali diipercayakan pada organisasi kepemudaan yang ada diantaranya KNPI, Karang Taruna, PPI, PPM dan Tagana.

"Insya Allah Lomba Napak Tilas ke-XV ini akan dilaksanakan pada 18 Juli," terang Ketua DPD KNPI Kota Padang Megri Fernando selaku ketua pelaksana kegiatan.

Megri menyebutkan, lomba nantinya akan dimulai Kamis malam (18/7) dengan star di Lapangan Parkiran Kantor Utama PT. Semen Padang Indarung sekira pukul 21.00 WIB dan setelah melalui perjalanan panjang lalu berakhir di Rumah Sakit Tentara Dr Reksodiwiryo Ganting.

"Untuk pendaftaran peserta kita telah membukanya sejak Senin (1/7) lalu dan akan ditutup pada 17 Juli," kata Megri didampingi Sekretaris Panitia Muhammad Tito.

Ketua DPD KNPI Kota Padang itu menjelaskan bahwa lomba napak tilas yang rutin digelar tiap tahun itu, sejatinya bertujuan untuk menghidupkan kembali jiwa-jiwa perjuangan pahlawan nasional Bagindo Aziz Chan yang juga Wali Kota Padang pertama.

"Banyak kisah perjuangan dan hal positif lainnya yang dapat kita ambil dari semasa hidup beliau untuk dapat kita implementasikan dalam kehidupan kita saat ini dan hingga masa-masa mendatang. Mungkin hampir semua warga Kota Padang mengetahui siapa Bagindo Aziz Chan, karena setiap tahunnya kita memperingati hari gugurnya yang jatuh setiap 19 Juli," tuturnya.

Sementara tempat pendaftaran peserta kata dia, silahkan langsung di Kantor DPD KNPI Kota Padang, jl. Jendral Sudirman No.1 di dalam kawasan Kantor Disdukcapil Kota Padang. Selain itu di Kantor Dispora Kota Padang atau bisa menghubungi panitia Tito Liberty dengan nomor hp: 081367287550, Elsa: 082384611550 dan Robby Afrinandes: 082172220944.

Lebih lanjut Megri pun menjelaskan beberapa persyaratan dalam Lomba Napak Tilas Bagindo Aziz Chan ke-XV.

Pertama membawa surat tugas/mandat dari instansi/organisasi calon peserta. Pendaftaran gratis, peserta terdiri dari 1 Regu berjumlah 7 orang termasuk satu orang ketua regu antara lain 3 putri dan 4 putra bukanlah syarat mutlak dan dapat diganti komposisinya dan disesuaikan perannya di dalam regu sesuai dengan kondisi dan wajib memakai baju perjuangan.

"Selanjutnya instansi atau organisasi boleh mengikut sertakan lebih dari 1 regu serta mengisi formulir pendaftaran dan pernyataan sehat jasmani dan rohani yang ditanda tangani ketua regu," terangnya.

"Bagi para peserta dianjurkan untuk membawa makanan ringan, minum, obat-obatan, dan perlengkapan (alat penerangan dan P3K) secukupnya selama pejalanan Napak Tilas. Peserta dilarang membuang sampah sembarangan sepanjang rute perjalanan, dan menjaga ketertiban umum. Kemudian peserta harus berpakaian pejuang sesuai dengan syarat tiga orang putri dan empat orang putra," ungkapnya.

Ia menambahkan lagi, lomba Napak tilas Bagindo Aziz Chan XV berbeda dengan sebelumnya nanti akan diperlombakan foto-foto selama perjalanan Napak tilas akan di nilai berdasarkan like dan juri nantinya dan sangat menitik beratkan pada pakaian perjuangan.

"Hadiah untuk pemenang napak tilas berupa sepeda 7 unit untuk juara 1dan 2, televisi 7 Unit untuk juara 3, kulkas 7 unit untuk juara 4 , kipas angin 7 unit juara 5 dan untuk foto di medsos 1 unit kulkas serta hadiah hiburan lainnya," tandasnya.(

Inilah rute yang akan dilewati oleh peserta napak tilas perjuangan Bagindo Aziz Chan.

Start di Lapangan Parkir PT Semen Padang - Jalan Jalan Raya Padang Solok - Simpang PDAM Ulu Gadut - Jalan Raya- Jalan Baru Perumnas Indarung Gadut.

Simpangan Perumahan Nuasa Jalan Rindang Alam - Perumahan Rindang Alam MTS Limau Manih Kantor Lurah Limau Manih.

Terowongan Kampus Unand- Jalan Kampus Pasa Baru - Simpang Jembatan Kuranji Simpang Gunung Nago Simpang Kuranji.

Taman Makam Pahlawan Kuranji - Perum Kemilau Permata - Jalan Kunci Korong Gadang - Jalan Kotong Gadang - DLH Kota Padang Simpang SMA 5.

Simpang Jalan Korong Gadang Bypas Pilakut - Jalan Kalumbuak - Simpang Perumahan Kip - PDAM Sawah Liek - Jalan Kandih Simpang Tinju - Lapai -Simpang Lamun Ombak - Jalan S Parman - TMP Kusuma Bangsa Simpang Pasar Ulak Karang NPM.

Jalan Samudra - Pariwisata Sumbar-Jl Pancasila LKAAM Sumbar - SMA Don Bosco -Tugu Gempa - Yayasan Prayoga - Hotel Masjid Nurul Bumuminang- Kantor PM AD-Simpang Karya .

Gereja Makodim 0312/Padang- Restoran Hous Tea - Rumah Kelahiran Iman - Jalan Husni Thamrin - Bagindo Aziz Chan - Parkiran Belakang Grand Zuri -RST Mesjid Raya Ganting (Finish) Simpang Saripetojo Roeksoediwiryo- Finish RTH Imam Bonjol


Pada 19 Juli pagi hari, kegiatan dilanjutkan dengan upacara bendera memperingati gugurnya Bagindo Aziz Chan. Lalu dilanjutkan dengan penyerahan hadiah pemenang napak tilas. Setelah itu ziarah ke makam Bagindo Aziz Chan di Kota Bukittinggi, Sumbar. "Tujuan digelarnya napak tilas yaitu tidak hanya untuk memperingati gugurnya pahlawan dan mengenal rumah kecil bapak Bagindo Aziz Chan yang di Alang Laweh. 



# Gan | Humas/David/Rel

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Sabtu 20 April 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS