Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Wednesday, July 10, 2019

Orasi Ilmiah di ISol ke-4, Wawako Hendri Septa Sampaikan Persoalan Kebahasaan Akibat Perkembangan Iptek


Padang(SUMBAR).BM- Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa menyampaikan orasi ilmiahnya pada pembukaan Internasional Seminar on Linguistik (ISol) ke-4 yang diadakan oleh Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Andalas di Palanta Rumah Dinas Wali Kota jalan A Yani No. 11, Selasa (11/07/2019) malam.

Dengan tema 'Language in Disruptive Teknology,' wakil wali kota lulusan salah satu universitas asal negara Australia itu menyampaikan orasinya menggunakan bahasa Inggris yang fasih, lugas, tegas, membuat para peserta terpukau dan larut dalam keheningan dan cecak kekaguman.

Dalam orasi ilmiahnya, ia mengatakan, dinamika sosial yang bergerak cepat di tengah masyarakat dapat berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan bahasa-bahasa yang kemudian menimbulkan persoalan-persoalan kebahasaan baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa lain di dunia.

Salah satu yang dapat menimbulkan gangguan terhadap persoalan-persoalan kebahasaan adalah Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang saat ini semakin berkembang pesat dalam fungsinya yang semakin bermanfaat. Salah satu contohnya mengirim pesan teks melalui media sosial.

Lebih jauh dikatakan Hendri, pergeseran pemakaian bahasa Indonesia tidak hanya disebabkan oleh kemajuan teknologi namun penggunaan bahasa asing serta adanya interferensi bahasa daerah dan pengaruh bahasa gaul . "Sebagai contoh, masyarakat Indonesia lebih sering menempelkan ungkapan 'No Smoking' dari pada 'Dilarang Merokok' dan juga ketika menulis 'Tempat' maka ditulis 'T4," tambahnya.

Ia berharap, masyarakat agar senantiasi menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, terutama pada diri sendiri. Agar pengaruh perkembangan teknologi tidak membuat lupa terhadap bahasa Indonesia yang merupakan jati diri bagi negara Indonesia.

"Artinya, kita harus berhati-hati dalam menggunakan bahasa. Pada hari ini bahasa bisa dapat direkam dan dijadikan bukti jika disampaikan untuk menghina suku, bangsa, dan agama orang lain," ujarnya.

Senada dengan itu, Dekan FIB Unand Hasanuddin mengungkapkan, adanya research atau sharing informasi tentang berbagai persoalan bahasa dalam kehidupan bermasyarakat diharapkan seseorang akan menjadi paham bahwa bahasa itu memang sangat penting untuk dikaji, untuk didalami, dan untuk diperhatikan terkait penggunaannya, tidak saja secara linguistik, tapi juga secara pragmatik.

Ia menambahkan, bahasa sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan sosial, seperti di WA grup dan facebook. Bahasa bisa menyebabkan orang lain salah paham dengan apa yang dimaksud bahkan bahasa juga menjadi strategi politik untuk mencapai apa yang menjadi tujuan si penuturnya.

"Dengan adanya teknologi yang berperan terhadap bahasa dan juga pemakaian bahasa dalam teknologi, baik itu dalam media sosial maupun dalam teks-teks tertulis dapat juga terjadi kesalahpahaman. Oleh sebab kita diminta hati-hati dalam menggunakan bahasa dengan baik dan benar," jelasnya.

Sementara itu, Ketua ISol ke 4 Gusdi Sastra mengatakan, ISoL ke 4 merupakan kegiatan akademik yang diselenggarakan secara berkala, yaitu satu kali dalam dua tahun oleh Program Studi Linguistik Pascasarjana FIB Unand dan Masyarakat Linguistik Indonesia (MLI) Cabang Universitas Andalas.

Ia menambahkan, adapun mengenai jadwal seminar dimulai pada Rabu 10 Juli 2019 dengan jumlah peserta sebanyak 60 orang dari berbagai Lembaga Komunitas Linguistic yang ada di Indonesia maupun mancanegara. Sehari setelah itu, pada Kamis 11 Juli, para peserta seminar yang berasal dari luar negeri dan luar Provinsi Sumatera Barat akan melakukan tour.

“Mereka akan dibawa ke tempat-tempat yang penting untuk diketahui, seperti Pusat Informasi dan Dokumentasi Budaya Minangkabau Padang Panjang, Rumah Puisi Taufik Ismail, Rumah Bung Hatta,” paparnya.

Pewarta: Muliadi
# Gan | Rel/ Humas

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Kamis 18 April 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS