Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Tuesday, June 11, 2019

Gubernur Khofifah Monitor ASN Pemprov Jatim Pasca Libur Lebaran


Surabaya(JATIM).BM- Hari pertama masuk kerja pasca libur panjang mendapat perhatian serius Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Orang nomor satu di jajaran Pemprov Jatim itu memonitor seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Jatim yang tidak masuk. Bahkan, sejak dua hari lalu, setiap sekretaris di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) telah ia ingatkan untuk melakukan monitoring di bawah koordinasi Inspektur Prov. Jatim dan dikomandani Sekdaprov Jatim.

“Yang melaporkan adalah Pak Sekda dan kehadirannya insyaallah 100 persen kecuali yang sedang cuti. Jadi alhamdulillah ini awal yang baik,” ujar Gubernur Khofifah Indar Parawansa kepada media usai menggelar Halal Bihalal di lingkungan Sekertariat Daerah (Setda) Prov. Jatim, Jl. Pahlawan 110, Surabaya, Senin (10/6).

Menurut Gubernur Khofifah, kehadiran ASN Pemprov Jatim merupakan kedisiplinan dan kinerja yang baik. Harapannya, semua termotivasi untuk bisa meningkatkan seluruh dedikasi yang bisa dibhaktikan untuk memuliakan masyarakat Jatim dengan Nawa Bhakti Satya.

Halal bihalal yang digelar kali ini juga ia inginkan untuk membangun sinergitas dengan saling menyalurkan energi positif dari seluruh pihak. “Kami bersalam, itu artinya ada energi yang mengalir. Kami saling bertatap muka, saling memberi senyum. Itu energi yang luar biasa,” katanya.

Sementara itu, Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono melaporkan, dari hasil rekap BKD Jatim, jumlah PNS Pemprov Jatim sebanyak 51.396 orang yang terdiri dari fungsional guru sebanyak 28.456 orang, serta tenaga administrasi dan fungsional medis sebanyak 22.900 orang.

Dari jumlah tersebut, memang terdapat beberapa ASN yang tidak hadir. Meski demikian, mereka semuanya memberikan keterangan. “Jadi total yang tidak hadir sebanyak 0,95 persen. Tidak ada yang tanpa keterangan,” jelasnya.

Gelar Halal Bihalal dengan ASN Pemprov Jatim

Sementara itu, di hari pertama pasca libur panjang, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak menggelar halal bihalal dengan ASN di lingkungan Setda Pemprov Jatim.

Antrian ASN dari Sekretariat Daerah Prov. Jatim, BPKAD Prov. Jatim, Bappeprov Jatim, Dinas Penanaman Modal dan PTSP Prov. Jatim yang ingin bersalaman dengan Gubernur dan Wagub Jatim terlihat sejak pukul 07.00 WIB.

Dalam kegiatan tersebut, Gubernur Khofifah dan Wagub Emil Dardak kompak mengenakan pakaian dinas berwarna abu-abu. Tak hanya Gubernur dan Wagub Jatim yang bersalaman dengan ASN Pemprov Jatim, tetapi Sekdaprov Jatim beserta Istri dan Kepala OPD di lingkungan Pemprov Jatim juga ikut menyemarakkan halal bihalal.

Dalam halal bihalal, lantunan sholawat dikumandangkan dan Gubernur Khofifah juga memberikan santunan kepada anak yatim.

Dalam sambutannya, Gubernur Khofifah menyampaikan pesan khusus terkait dengan tradisi dalam setiap acara. Pihaknya selalu memberikan santunan kepada anak yatim, dhuafa, serta melantunkan sholawat.

“Referensinya cukup terang. Bagaimana sebetulnya kita bisa membangun sentuhan-sentuhan yang bisa memberikan dampak terhadap kesholehan sosial,” tuturnya sambil menjelaskan kesholehan sosial ini menjadi salah satu indeks kinerja utama (IKU). Karena itu, ia ingin mewujudkan untuk melenturkan hati dan memberikan kasih yang lebih kuat.

Dihadapan para ASN, Gubernur Khofifah menyampaikan, ada beberapa pekerjaan rumah yang perlu dibangun secara transedental. Seperti korban penyalahgunaan narkoba, AIDS, HIV di Jatim.

“PR-PR ini kan bukan hal yang sederhana. Bagaimana kita bersama-sama berseiring. Teman-teman relawan narkoba bergerak, polisi bergerak, counselor bergerak, kami juga bergerak. Tetapi bahwa ada sesuatu yang kami harapkan secara transedental kita mohon kepada Allah, mudah-mudahan anak-anak bangsa, anak-anak Jawa Timur dijauhkan dari korban penyalahgunaan narkoba,” pungkasnya.

Untuk menangani peredaran narkoba di Surabaya, pihaknya terus berkoordinasi dengan Polrestabes Surabaya dan Walikota Surabaya. Secara bersama-sama, berseiring membawa masyarakat Jatim agar bersih dan bebas dari korban penyalahgunaan narkoba. Kasus penyalahgunaan narkoba kini sangat kompleks. Sehingga perlu dilakukan penanganan dari hulu ke hilir.

“Dan terutama pengedarnya ini juga milenial, penggunanya sebagian besar milenial. Kita menyiapkan tistas atau sekolah gratis berkualitas. Tapi penguatan SDM dan pembangunan manusia itu akan mereduksi, jikalau dampak dari efek narkoba tidak kita halau,” imbuhnya. 



# Gan | Humaspemprov Jatim/Gd

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Kamis 18 April 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS