Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Wednesday, June 19, 2019

Gubernur Edy Rahmayadi Luncurkan “Rumah Sakit Berjalan”


Medan(SUMUT).BM- Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meresmikan Program Bakti Kesehatan Bermartabat Sumut, Rabu (19/6),  di halaman Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30, Kota Medan. Acara peresmian ditandai dengan peluncuran “Rumah Sakit Berjalan” untuk memberikan layanan kesehatan gratis kepada masyarakat.

Rumah Sakit Berjalan “Accuplast Cleft Mobile Operation” merupakan bus yang dilengkapi berbagai peralatan medis yang memungkinkan untuk dilakukan tindakan medis seperti operasi bedah. Rencananya Rumah Sakit Berjalan yang didukung penuh oleh RSU Haji Medan ini akan berkeliling ke 33 kabupaten/kota untuk memberikan layanan kesehatan gratis kepada masyarakat yang membutuhkan.

Rumah Sakit Berjalan yang diprioritaskan untuk daerah terpencil ini mampu melayani berbagai macam penyakit, diantaranya penyakit dalam, khitanan massal, patologi anatomi, stunting, hernia, bibir sumbing, gangguan pendengaran, penyakit gigi dan mulut, hingga pemberian obat dan konseling.

Program Bakti Kesehatan Sumut Bermartabat ini merupakan implementasi dari pembangunan kesehatan yang menjadi prioritas Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Musa Rajekshah. "Salah satu prioritas saya adalah kesehatan, ini adalah bentuk implementasinya. Saya keliling melihat warga saya, masih banyak yang kesulitan mendapatkan kesejahteraan dalam kesehatan. Omong kosong kita bisa membangun Sumut bila kita tidak berikan kesehatan yang baik. Inilah solusinya, saya menginginkan kendaraan kesehatan yang mobile (bergerak), kita akan lakukan bertahap, selama saya menjabat harus ada minimal lima kendaraan yang bersiaga untuk melayani masyarakat," ucap Gubernur.

Gubernur berharap, Rumah Sakit Berjalan tidak hanya melakukan tindakan medis atau mengobati penyakit. Tetapi juga harus bisa memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pola hidup sehat dan menjaga kesehatan. “Karena menjaga kesehatan itu lebih baik dari pada mengobati,” ujarnya.

Edy Rahmayadi juga berharap, program Bakti Kesehatan Sumut Bermartabat ini terealisasi dengan baik dan menjangkau seluruh daerah kabupaten/kota yang ada di Sumut. Edy pun mengajak para dokter dan pihak terkait lainnya untuk sama-sama mewujudkan pembangunan kesehatan masyarakat.

"Mari kita bangun, kesehatan adalah hak masyarakat, berikan masukan saya, apa yang harus saya lakukan, sehingga anak anak kita sejahtera sehingga mereka bisa banyak berbuat untuk bangsa membangun Sumatera Utara," ujar Edy.

Sebelumnya, Ketua Panitia dr Alwi Mujahid Hasibuan MKes mengaku ide pembuatan bus Rumah Sakit Berjalan ini dilakukan karena melihat kesenjangan kesehatan di masyarakat. "Banyak di daerah terpencil yang sulit untuk mendapatkan kesehatan yang layak. Ini kita buat agar bisa menyentuh itu. Untuk operasionalnya, bus ini masih menggunakan swadaya dari para donatur berjiwa sosial, tapi dengan respons positif dari Bapak Gubernur Edy Ramayadi mungkin nanti bisa dibantu dianggarkan," ujar Alwi.

Alwi juga menjelaskan, bahwa Ruang Operasi Mobile berbentuk bus ini adalah prototipe original pertama di Sumut. "Saat ini baru satu unit yang kita miliki, karena ini yang pertama. Harapanya tim bakti sosial bisa sampai ke ujung daerah terpencil," jelas Alwi.

Dalam kegiatan peresmian tersebut, juga dilakukan operasi bibir sumbing terhadap anak dari keluarga kurang mampu secara gratis di Rumah Sakit Berjalan, yang langsung dilakukan oleh Dr Mahyono Sp BA (k) dan layanan kesehatan lainnya.

Turut hadir Ketua Tim Bakti Kesehatan Bermartabat Mahyono, Koordinator Cleft Mobile Operation Sumut Edy Sutrisno, Pimpinan OPD Pemprov Sumut dan sejumlah organisasi profesi dokter.**



# Gan | Humas Sumut

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Jumat 29 Maret 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS