Mahyeldi Apresiasi Karya Ilmiah Siswa SMAK Padang - Benang Merah News

Breaking

Saturday, May 4, 2019

Mahyeldi Apresiasi Karya Ilmiah Siswa SMAK Padang


Padang(SUMBAR).BM- Sebanyak 184 produk yang merupakan karya ilmiah dari 192 siswa kelas XIII SMK-SMAK Padang dipamerkan dalam Analisis Terpadu II (AT II) Expo, Jumat (3/5/2019).

Kegiatan yang dibuka oleh Wali Kota Padang Mahyeldi itu dirangkai dengan penandatanganan MoU untuk pemanfaatan produk karya ilmiah siswa. Produk tersebut berupa pupuk organik cair dari darah sapi yang telah mendapatkan hak paten.

"Pemerintah Kota Padang tertarik mengembangkan hasil karya ilmiah siswa SMAK Padang berupa pupuk organik cair dari darah hewan. Pupuk itu dapat digunakan untuk meningkatkan hasil pertanian dengan biaya yang relatif lebih murah", kata Mahyeldi yang didampingi Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syaiful Bahri, Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Yunisman dan Kabag Kerjasama Setdako Padang Erwin M.

Pemko Padang melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, yaitu Dinas Pertanian, Dinas Perindustrian Tenaga Kerja, serta Dinas Pendidikan akan menindaklanjuti MoU tersebut. Diantara butir MoU itu, selain terdapat pengembangan produk siswa, Pemko Padang juga berniat mengadopsi kurikulum dan pola pendidikan yang diterapkan SMAK Padang.

"Selain pengembangan produk, kita tertarik mengadopsi pola pendidikan SMAKPA, agar ditindaklanjuti oleh Dinas Pendidikan melalui Yayasan Pertiwi yang dikelola Pemko Padang", sebut Wali Kota.

Lebih lanjut Mahyeldi menambahkan, karya ilmiah siswa SMAK Padang patut mendapat perhatian, khususnya bagi Pemko Padang sebagai pemerintahan terdekat yang telah membina dunia pendidikan di daerah ini.

"Sangat sayang, bila hasil karya siswa dari sekolah yang menjadi 'role model' pendidikan vokasi industri di Indonesia ini tidak kita manfaatkan", ujarnya.

Pada kesempatan itu, Kepala SMAK Padang, Drs. Nasir mendampingi Wali Kota Padang meninjau stand - stand yang ada. Nasir menjelaskan satu persatu produk yang ditampilkan. Demikian pula halnya siswa-siswi SMAK Padang juga mampu menjelaskan dengan gamblang produk yang mereka hasilkan. Produk tersebut adalah orisinil dari hasil penelitian siswa selama 6 bulan didasari ilmu yang mereka timba selama 3,5 tahun di sekolah negeri binaan Kementerian Perindustrian tersebut.

"Produk siswa SMAK Padang sebagian sudah dipatenkan dan dipamerkan dalam ekspo sekolah dan di tingkat yang lebih tinggi lagi", kata Nasir.

Untuk proses paten suatu produk memang menunggu waktu sampai tiga atau empat tahun. Setelah dipatenkan, produk itu bisa diproduksi lebih banyak dan dipasarkan tanpa ragu ada yang menggugat.

"Produk yang sudah paten sudah bisa diproduksi massal tanpa takut digugat pihak lain", ujar Nasir.

Dijelaskan Nasir, khusus pupuk organik cair berbahan baku darah sapi ini sudah dibuktikan penggunaannya pada tanaman bungan dan tanaman buah. Hasilnya menakjubkan, pohon yang semula enggan tumbuh di lingkungan kampus SMAK Padang terbukti hidup subur dan cepat berbuah setelah menggunakan pupuk olahan siswa tersebut.

"Selain merangsang pohon tumbuh subur dan cepat berbuah, pupuk organik cair dari darah sapi juga mampu mentralisir tanah yang semula berkadar asam tinggi", ungkapnya.

Setelah pelaksanaan MoU dengan Pemko Padang, Nasir berharap karya siswa dapat dimanfaatkan untuk masyarakat. Sebab bila disimpan saja tidak akan banyak berarti untuk perkembangan ilmu pengetahuan dan perindustrian.

"Kami berharap produk siswa ini dapat bermanfaat. Jika hanya kami simpan tidak ada artinya", tukas Nasir.

Adapun untuk pameran AT II kali ini, siswa kelas XIII atau kelas terakhir menampilkan sebanyak 184 produk pada 25 stand. Di antaranya terdapat 25 buah produk farmasi, 19 buah produk makanan dan minuman, 7 buah produk kertas, 19 produk pupuk, 27 produk kosmetik, 4 buah produk pewarna tekstil, 3 buah minyak atsiri, serta 25 buah produk pembersih. Umumnya produk tersebut menggunakan bahan baku limbah.

Pewarta: Yurizal
Editor: Betti Dasaisa


# Humas / Rilis

No comments:

Post a Comment

PT. Benang Merah Persada Mengucapkan: Selamat datang di www.benangmerahnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Syafrizal Gan