Gubernur Khofifah Canangkan ZIS bagi ASN Selama Bulan Ramadhan - Benang Merah News

Breaking

Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un (إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ). Thank you for your contributions, inspirations, and spirits to develop our nation. We can’t thank you enough for what you’ve done to Indonesia. Sending my deepest condolences, Selamat Jalan Pak Habibie.

Monday, May 6, 2019

Gubernur Khofifah Canangkan ZIS bagi ASN Selama Bulan Ramadhan


Surabaya(JATIM).BM- Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mencanangkan Gerakan Membayar zakat, infaq, shodaqoh (ZIS) dengan mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Jatim untuk meningkatkan ZIS selama bulan suci Ramadhan. Sebab, pada dasarnya para ASN dinilai sudah berkecukupan untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup layaknya.

“Bala bencana tidak akan mendahului Shodaqoh, untuk itu segeralah bershodaqoh. Tradisi berbagi, shodaqoh, mengeluarkan infaq di bulan Ramadhan lebih ditingkatkan lagi,” ujar Gubernur Khofifah saat mencanangkan Gerakan Membayar ZIS melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Prov. Jawa Timur di halaman Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan No. 110 Surabaya, Senin (6/5) pagi.

Gubernur Khofifah mengatakan, peningkatan ZIS diharapkan bisa menyempurnakan proses ibadah di bulan Ramadhan. Harapannya agar tarawih, dan puasa bisa berjalan baik, termasuk tadarus.

"Jangan lupa mengeluarkan infaq, dan shodaqoh juga,” kata orang nomor satu di Jatim ini.

Menurutnya, gerakan membayar ZIS melalui BAZNAS Prov. Jawa Timur menjadi jalan bagi ASN Pemprov Jatim untuk semakin meningkatkan ZIS. Bisa melalui pembayaran tunai, BPD serta Bank Mandiri.

“Kalau hari ini siapapun yang mau infaq, shodaqoh, bahkan zakat juga bisa. Ada tiga opsi yang bisa dipilih dengan tim yang sudah disediakan oleh Baznas untuk mengkoordinasikan tiap-tiap OPD di pemprov,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikannya, pada pertengahan bulan Ramadhan, Gubernur Khofifah menginginkan agar gerakan membayar ZIS di lingkungan ASN Pemprov Jatim bisa digelar kembali.

“Pada akhirnya, harapan kita keberkahan dan kemuliaan Ramadhan akan Allah turunkan ke bumi Jawa Timur,  ke ASN Jawa Timur, ke seluruh masyarakat Jawa Timur, dan tentu ke seluruh masyarakat dan bangsa Indonesia,” harapnya.

Mengenai potensi zakat Jatim, Gubernur Khofifah menjelaskan, bahwa potensi zakat Jatim secara nasional mencapai Rp. 213 triliun. Sedangkan yang efektif hanya Rp. 6 triliun. Ini masih jauh dari potensi zakat yang bisa dimaksimalkan.

“Kita bayangkan andai zakat bisa dimaksimalkan, tidak ada lagi mushola-mushola yang tempat wudhunya kurang proper, program-program penanganan fakir miskin akan lebih efektif. Mungkin untuk guru-guru ngaji, kita bisa memberikan ruang yang lebih baik,” pungkasnya.

Sesuai memberikan pengarahan, Gubernur Khofifah menyumbangkan shodaqoh sebesar Rp. 25 juta kepada Baznas Prov Jatim. Kemudian diikuti oleh pimpinan-pimpinan OPD di lingkungan Pemprov Jatim yang juga menyumbang shodaqoh kepada Baznas Prov. Jatim. 



# Gan | Humaspemprov Jatim/Gd

No comments:

Post a Comment

PT. Benang Merah Persada Mengucapkan: Selamat datang di www.benangmerahnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Syafrizal Gan