Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Monday, April 29, 2019

Sekda Buka Resmi FGD Penyusunan Tabel Input Output dan Penyusunan DDA Provinsi


Palembang(SUMSEL).BM- Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Nasrun Umar membuka dengan resmi Pembukaan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Tabel Input Output Provinsi dan Penyusunan Daerah Dalam Angka (DDA) Provinsi Sumsel Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik Provinsi Sumsel di Hotel Harper (29/04).

Dikatakan Sekeretaris Daerah Provinsi Sumsel Nasrun Umar, Kinerja ekonomi suatu daerah dilihat dari laju pertumbuhan Produk Domestik Region Bruto (PDRB), Namun PDRB tidak bisa menginformasikan hubungan sektor- sektor ekonomi.

“Hal inilah yang membuat kita membutuhkan instrument statistik yang disebut tabel Input Output (Tabel I-0). Dengan penyusunan tabel Provinsi Sumsel,  akan mendapatkan petunjuk mengenai sektor-sektor yang mempunyai pengaruh terkuat terhadap ertumbuhan ekonomi dan yang peka terhadap perekonomian di Sumsel,” tuturnya

Menurutnya, Kegiatan penyusunan tabel I-O Sumsel menjadi agenda Badan Pusat Statistik di Tahun 2019. Penyusunan tabel I-O Sumsel yang dilakukan di tahun 2019 ini akan dilanjutkan dengan penyusunan Tabel Inter Regional Input Output (IRIO) Sumsel pada tahun 2020.

“Mewujudkan pemerataan pembangunan menjadi salah satu cita-cita dan tujuan pembangunan. Oleh karena itu sangat diperlukan perencanaan pembangunan yang terintegrasi yang mempertimbangkan aspek ruang,aspek daerah dan wilayah,” tuturnya

Lebih jauh Nasrun mengatakan, Penyusunan tabel IRIO yang akan dilakukan BPS di tahun 2020 dilatarbelakangi kebutuhan data tentang karakteristik daerah/provinsi yang dapat menunjang perencanaan pembangunan daerah yang lebih optimal.

“Tabel IRIO dapat memberikan gambaran secara rinci keterkaitan antar wilayah karena menggambarkan arus transaksi barang dan jasa sektor ekonomi dan antar daerah. Diharapkan nantinya, tercipta kolaborasi antara BPS Provinsi Sumsel dengan OPD terkait di lingkungan provinsi Sumsel dalam melengkapi data-data yang dibutuhkan tabel O-I dan IRIO serta untuk daerah dalam angka Provinsi Sumsel tahun 2019,” pungkasnya.



# Gan | Humas Sumsel

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Jumat 31 Mei 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS