Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Tuesday, April 23, 2019

New IRA Akui Pembunuhan Jurnalis di Londonderry

Polisi membawa sebuah kotak berisi bukti setelah memeriksa tempat kejadian di Londonderry, Irlandia Utara pekan lalu. (Foto: Reuters)

London(INGGRIS).BM- Kelompok pembangkang republik New IRA pada Selasa mengakui tanggung jawab atas pembunuhan jurnalis Irlandia Utara Lyra McKee minggu lalu.

Pada saat yang sama, polisi juga mengkonfirmasi penangkapan seorang wanita berusia 57 tahun, menurut Undang-Undang Terorisme atas dugaan memiliki hubungan dengan insiden penembakan.

" New IRA ingin menyampaikan permintaan maaf kepada pasangan, anggota keluarga dan teman-teman Lyra McKee setelah kematiannya," kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan di surat kabar, The Irish News.

Koran itu melaporkan bahwa kelompok semi-militer menggunakan kode kata, yang merupakan bentuk komunikasi selama konflik di Irlandia Utara yang dikenal sebagai 'The Troubles'.

McKee, 29, ditembak di kepala pada hari Kamis, ketika kelompok itu berkelahi dengan polisi di kediaman Creggan di Londonderry, Irlandia Utara.

Sebelumnya, polisi menahan dua pria berusia 18 dan 19 tahun, tetapi dibebaskan tanpa tuduhan.

Pembunuhan itu terjadi menjelang akhir pekan Paskah, ketika kaum republiken menentang kehadiran Inggris di Irlandia Utara menandai peringatan tahun 1916 pemberontakan melawan pemerintahan Inggris.

Sebuah bom mobil dan pembajakan dua van di Londonderry awal tahun ini juga disalahkan pada kelompok paramiliter pembangkang.

Kesepakatan damai Jumat Agung 1998 mengakhiri pertumpahan darah sektarian selama tiga dasawarsa antara paramiliter republik dan serikat buruh, serta angkatan bersenjata Inggris. Sekitar 3.500 orang terbunuh dalam konflik -- banyak yang tewas di tangan Tentara Republik Irlandia (IRA).

Kelompok itu menyerukan gencatan senjata terakhir pada 1997 dan mengumumkan berakhirnya kampanye bersenjatanya pada 2005, yang menyatakan bahwa mereka akan berupaya mencapai tujuannya melalui cara-cara politik damai.

New IRA adalah salah satu dari sejumlah kelompok paramiliter republik yang menentang yang menentang perubahan ke arah taktik tanpa kekerasan guna mewujudkan Irlandia yang bersatu.

Muncul kekhawatiran bahwa paramiliter dapat berupaya mengeksploitasi turbulensi politik saat ini atas Irlandia Utara dan perbatasannya dengan Republik Irlandia yang disebabkan Brexit. Pemakaman McKee akan diadakan pada Rabu di Katedral St Anne di Belfast.


# Gan | Reuters

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Minggu 14 April 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS