Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Sunday, March 25, 2018

Hengkang di Asia tenggara, Uber Resmi Serahkan Bisnis ke Grab


SINGAPURA.BM- Uber telah sepakat untuk menyerahkan bisnisnya di Asia Tenggara kepada Grab. Hal ini diungkap ileh sumber yang diketahui dekat dengan sumber Reuters yang mengetahui isu tersebut, Minggu (25/3). 

Grab adalah salah satu rival berat Uber di Asia Tenggara. Dalam transaksi keduanya, Uber akan mengambil 30 persen saham dari perusahaan gabungan ini, jelas sumber tersebut. Sumber tak ingin identitasnya diungkap karena perjanjian ini belum dipublikasikan secara resmi. 

Dengan adanya perjanjian ini, Uber akan menyerahkan semua lini bisnisnya di Asia Tenggara kepada Grab, termasuk Uber Eats, layanan pengantaran makanan milik Uber, seperti disebutkan sumber Bloomberg. 

Pengumuman kesepakatan ini rencananya diumumkan secara resmi di Singapura, Senin (26/3) besok.

Masih dilaman Bloomberg, Minggu (25/3) sumber di Grab mengatakan, kesepakatan itu menetapkan Uber akan memiliki saham di binis Grab sebesar 25-30%.

Kesepakatan ini merupakan bagian dari konsolidasi yang dilakukan oleh Soft Bank Group selaku penyuplai modal Grab, Uber dan Didi Chuxing di Cina.

SoftBank berharap, dengan konsolidasi ini maka keuntungan bisnis di pasar global juga meningkat.

Sementara, Uber sebelumnya telah melepas bisnis kepada pesaing beratnya di Cina, yakni Didi Chuxing. Namun, Uber masih mendapatkan saham sebesar 17,5%.

Di tempat lain, yakni di Rusia, Uber juga menyerah dan menyerahkan bisnisnya ke perusahaan penyedia layanan internetYandex.

Bahkan bos Yandex, Dara Khosrowshahi, mengambil alih jabatan CEO Uber dari Travis Kalanick. Namun, sejumlah sumber mengatakan langkah Uber untuk undur diri dari Asia Tenggara merupakan langkah memacu profitabilitas dan fokus ke pasar utama yakni Jepang dan India.


# Gan | REUTERS/ BLOOMBERG

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Jumat 31 Mei 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS