Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Monday, April 8, 2024

Terpantau Astronom, Dua Planet Ekstrasurya Berbagi Orbit

Gambar ini, diambil dengan Atacama Large Millimeter/submillimeter Array (ALMA), yang bermitra dengan ESO, menunjukkan sistem planet muda PDS 70, yang terletak hampir 400 tahun cahaya dari Bumi. Sistem ini menampilkan sebuah bintang di pusatnya, yang mengelilingi planet PDS 70b. Pada orbit yang sama dengan PDS 70b, para astronom telah mendeteksi awan puing yang mungkin merupakan bahan penyusun planet baru atau sisa-sisa planet yang sudah terbentuk. Struktur seperti cincin yang mendominasi gambar adalah piringan materi berbentuk lingkaran, tempat terbentuknya planet-planet. Sebenarnya ada planet lain di sistem ini: PDS 70c, terlihat pada posisi jam 3 tepat di sebelah tepi dalam piringan. ALMA (ESO/NAOJ/NRAO) /Balsalobre-Ruza dkk


BENANGMERAHNEWS.COM | Sebagian besar exoplanet yang telah ditemukan berada dalam sistem bintang yang secara umum mirip dengan tata surya kita: satu (atau terkadang dua atau lebih) bintang di pusatnya, dengan planet-planet yang mengorbit pada jarak yang bervariasi. Namun penelitian baru-baru ini menemukan sesuatu yang sangat tidak biasa: dua planet ekstrasurya yang berbagi orbit yang sama, yang jika dikonfirmasi, akan menjadi penemuan pertama dari jenisnya.

Pengamatan yang dilakukan oleh para astronom menggunakan Atacama Large Millimeter/submillimeter Array (ALMA), telah mendeteksi awan puing-puing yang mungkin berbagi orbit planet ini. Mereka yakini, bisa jadi merupakan bahan penyusun planet baru atau sisa-sisa dari planet yang sudah terbentuk.

Jika temuan ini dikonfirmasi, maka penemuan ini akan menjadi bukti terkuat pertama bahwa dua ekstrasurya berbagi satu orbit yang sama bukanlah hal yang mustahil.

"Dua dekade yang lalu diprediksi dalam teori bahwa pasangan planet dengan massa yang sama dapat berbagi orbit yang sama di sekitar bintang mereka, yang disebut Trojan atau planet co-orbital. Untuk pertama kalinya, kami telah menemukan bukti yang mendukung gagasan itu," kata Olga Balsalobre-Ruza, seorang mahasiswa di Pusat Astrobiologi di Madrid, Spanyol yang memimpin para penulis makalah studi ini.

Hasil temuan tersebut bahkan telah diterbitkan di jurnal Astronomy & Astrophysics pada 19 Juli bertajuk “Tentative co-orbital submillimeter emission within the Lagrangian region L5 of the protoplanet PDS 70 b.”


Lalu apa yang dimaksud dengan Trojan? Trojan, benda berbatu di orbit yang sama dengan sebuah planet adalah hal biasa di Tata Surya kita. Contoh yang paling terkenalnya adalah asteroid Trojan di Jupiter, di mana mereka yang jumlahnya lebih dari 12.000 benda berbatu berada di orbit yang sama dengan raksasa gas mengelilingi Matahari.

Para astronom telah meramalkan bahwa Trojan, khususnya planet Trojan, juga dapat eksis di sekitar bintang selain Matahari kita, tetapi buktinya masih sedikit.

Teleskop ALMA di Cile. (pic)

"Ekstratrojan [planet Trojan di luar Tata Surya] sejauh ini seperti unicorn: mereka diizinkan untuk eksis secara teori tetapi tidak ada yang pernah mendeteksinya," kata rekan penulis Jorge Lillo-Box, peneliti senior di Pusat Astrobiologi.

Kini, tim ilmuwan internasional yang telah menggunakan ALMA, di mana ESO adalah mitranya, menemukan bukti pengamatan terkuat bahwa planet Trojan mungkin ada. Planet tersebut ada dalam sistem PDS 70.

PDS 70 adalah sebuah bintang muda. Bintang muda ini diketahui memiliki dua planet raksasa mirip Jupiter, PDS 70b dan PDS 70c. Dengan menganalisis pengamatan arsip ALMA dari sistem ini, tim melihat awan puing di lokasi di orbit PDS 70b di mana Trojan diperkirakan ada.

Trojan menempati apa yang disebut zona Lagrangian, dua wilayah yang diperluas di orbit planet tempat tarikan gravitasi gabungan dari bintang dan planet dapat menjebak material. Mempelajari dua wilayah orbit PDS 70b ini, para astronom mendeteksi sinyal samar dari salah satunya. Sinyal tersebut menunjukkan bahwa awan puing dengan massa kira-kira dua kali massa Bulan kita mungkin berada di sana.

yakin awan puing ini bisa mengarah ke dunia Trojan yang ada di sistem ini, atau planet yang sedang dalam proses pembentukan.

"Siapa yang bisa membayangkan dua dunia yang berbagi durasi tahun dan kondisi kelayakhunian? Pekerjaan kami adalah bukti pertama bahwa dunia semacam ini bisa ada," kata Balsalobre-Ruza.

"Kita dapat membayangkan bahwa sebuah planet dapat berbagi orbitnya dengan ribuan asteroid seperti dalam kasus Jupiter, tetapi saya terkejut bahwa planet dapat berbagi orbit yang sama," tambahnya.

“Masa depan topik ini sangat menarik dan kami menantikan kemampuan ALMA yang diperluas, yang direncanakan untuk tahun 2030. Hal ini akan secara dramatis meningkatkan kemampuan array untuk mengkarakterisasi Trojan di banyak bintang lainnya,” pungkas De Gregorio-Monsalvo.

Sumber : Lihat Disini!


Baca Juga

#Gan 

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Kamis 09 Mei 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS