Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Wednesday, December 6, 2023

Kenali Vitamin B12 dan Fungsi Utama Buat Tubuh


Padang(SUMBAR).BM- Apakah Anda merasa lesu di siang hari? Apakah Anda mengalami kesulitan berkonsentrasi pada tugas sehari-hari? Kelelahan yang tidak dapat dijelaskan dapat mengindikasikan bahwa tubuh Anda kekurangan vitamin B12 atau cobalamin.

Vitamin esensial ini membantu menjaga tingkat energi tetap tinggi, dan kekurangannya dapat menyebabkan berbagai kondisi medis. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang fungsi Vitamin B12, bagaimana pengaruhnya terhadap tubuh kita, dan mengapa mendapatkan cukup vitamin penting untuk kesehatan dan kesejahteraan yang optimal.

Sekilas tentang Vitamin B12

Vitamin B12, atau cobalamin, adalah vitamin penting yang larut dalam air yang penting dalam berbagai fungsi tubuh. Hal ini diperlukan untuk pembentukan dan pematangan sel darah merah, sintesis DNA, fungsi sistem saraf, dan produksi energi.

Sumber makanan alami B12 termasuk daging, telur, produk susu, dan kerang, sedangkan makanan yang diperkaya dapat memberikan tambahan B12 untuk vegan dan vegetarian. Penyerapan B12 memerlukan faktor intrinsik, diproduksi di lambung dan disimpan di hati untuk digunakan di masa mendatang.

Manfaat Vitamin B12

Vitamin B12 menawarkan beberapa manfaat untuk kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Berikut beberapa manfaat utama vitamin B12:

1. Produksi energi

Vitamin B12 memainkan peran penting dalam mengubah makanan menjadi energi. Ini membantu metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak, memastikan tubuh dapat memanfaatkan nutrisi ini secara efisien untuk produksi energi. Tingkat B12 yang cukup dapat membantu melawan kelelahan dan mendukung tingkat energi secara keseluruhan.

2. Produksi sel darah merah

Vitamin B12 penting untuk sintesis sel darah merah, yang membawa oksigen ke berbagai jaringan dan organ. Kadar B12 yang cukup membantu mencegah anemia megaloblastik, suatu kondisi yang ditandai dengan produksi sel darah merah berukuran besar dan belum matang yang tidak dapat berfungsi dengan baik.

3. Kesehatan sistem saraf

B12 sangat penting untuk menjaga kesehatan sistem saraf. Ini menghasilkan mielin, lapisan pelindung di sekitar serabut saraf yang meningkatkan transmisi sinyal saraf. Tingkat B12 yang memadai membantu mendukung fungsi saraf yang baik dan dapat berkontribusi pada kesehatan kognitif, termasuk memori dan konsentrasi.

4. Regulasi suasana hati

Vitamin B12 berperan dalam sintesis neurotransmitter seperti serotonin, dopamin, dan norepinefrin, yang mengatur suasana hati. Tingkat B12 yang memadai dapat berkontribusi pada peningkatan suasana hati dan kesejahteraan mental secara keseluruhan.

5. Kesehatan jantung

Vitamin B12 dan vitamin B lainnya, seperti folat dan B6, membantu mengatur kadar homosistein. Peningkatan kadar homosistein dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular. Asupan B12 yang cukup dapat membantu menjaga tingkat homosistein yang sehat dan mendukung kesehatan jantung.

6. Fungsi otak

B12 diyakini berperan dalam fungsi kognitif dan dapat melindungi otak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplementasi B12 dapat membantu mengurangi risiko penurunan kognitif terkait usia dan mendukung penuaan otak yang sehat.

7. Sintesis DNA dan pembelahan sel

Vitamin B12 terlibat dalam sintesis DNA, yang penting untuk pembelahan dan pertumbuhan sel yang tepat. Tingkat B12 yang memadai mendukung perkembangan dan replikasi sel yang sehat.

Penting untuk diperhatikan bahwa manfaat vitamin B12 dapat berbeda-beda tergantung kebutuhan dan keadaan individu. Jika Anda mencurigai adanya kekurangan atau memiliki masalah kesehatan tertentu, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan untuk mendapatkan penilaian dan panduan yang tepat mengenai suplementasi B12 atau penyesuaian pola makan.




Persyaratan asupan

Asupan vitamin B12 yang dianjurkan dapat bervariasi tergantung usia, jenis kelamin, tahap kehidupan, dan kebutuhan individu.

Berikut pedoman umum asupan vitamin B12:

Dewasa (usia 19 tahun ke atas)
Tunjangan harian yang direkomendasikan (RDA) untuk orang dewasa adalah sekitar 2,4 mikrogram (mcg) per hari. Baik pria maupun wanita sama-sama terkena dampaknya.

Kehamilan dan menyusui
Wanita hamil membutuhkan jumlah B12 yang sedikit lebih tinggi. Asupan yang dianjurkan selama kehamilan adalah sekitar 2,6 mcg per hari sedangkan wanita menyusui membutuhkan sekitar 2,8 mcg per hari untuk menunjang kebutuhan ibu dan bayi yang sedang berkembang.

Bayi dan anak-anak
Asupan yang dianjurkan untuk bayi dan anak-anak bervariasi berdasarkan usianya.

Berikut pedoman umumnya:

0-6 bulan: 0,4 mcg
7-12 bulan: 0,5 mcg
1-3 tahun: 0,9 mcg
4-8 tahun: 1,2 mcg
9-13 tahun: 1,8 mcg
14-18 tahun: 2,4 mcg

Makanan

Vitamin B12 secara alami ditemukan dalam makanan hewani, sehingga vitamin ini terutama terdapat pada daging, ikan, produk susu, dan telur.

Berikut beberapa sumber makanan yang merupakan sumber makanan vitamin B12 yang baik:

- Daging
Daging sapi, domba, babi, dan unggas (seperti ayam dan kalkun) kaya akan vitamin B12. Daging organ, seperti hati dan ginjal, mengandung B12 yang sangat tinggi.

- Ikan dan makanan laut
Ikan seperti salmon, trout, tuna, dan sarden merupakan sumber vitamin B12 yang baik. Kerang, termasuk kerang, kerang, dan tiram, juga kaya akan B12.

- Produk susu
Susu, yogurt, dan keju mengandung vitamin B12. Pilihlah varietas rendah lemak atau rendah lemak untuk pilihan yang lebih sehat.

- Telur
Kuning telur merupakan sumber B12 yang baik. Memasukkan telur ke dalam makanan Anda dapat menjadi sumber alami vitamin ini.

- Makanan yang diperkaya
Beberapa makanan nabati, seperti sereal sarapan, susu nabati (seperti susu kedelai dan almond), dan ragi nutrisi, diperkaya dengan vitamin B12. Periksa label produk untuk memastikan produk tersebut diperkaya dengan B12.

Gejala defisiensi

Kekurangan vitamin B12 dapat menimbulkan berbagai gejala dan komplikasi kesehatan. Tanda dan gejala kekurangan B12 dapat berkembang secara bertahap dan bervariasi pada setiap orang.

Berikut beberapa gejala umum yang berhubungan dengan kekurangan vitamin B12:

1. Kelelahan dan kelemahan
Merasa sangat lelah dan kekurangan energi adalah gejala umum kekurangan B12. Hal ini dapat bermanifestasi sebagai kelelahan yang terus-menerus dan perasaan lemah secara umum.

2. Kulit pucat atau kuning
Kekurangan B12 dapat mempengaruhi produksi sel darah merah, menyebabkan jenis anemia yang disebut anemia megaloblastik. Kulit pucat atau kekuningan mungkin terlihat karena penurunan jumlah sel darah merah.

3. Sesak napas
Kurangnya kapasitas darah membawa oksigen akibat berkurangnya produksi sel darah merah dapat mengakibatkan kesulitan bernapas dan sesak napas.

Gejala neurologis

B12 memainkan peran penting dalam kesehatan sistem saraf.

Kekurangan dapat menyebabkan berbagai gejala neurologis, termasuk:

a. Kesemutan atau mati rasa pada tangan dan kaki (neuropati perifer).
b. Masalah keseimbangan dan gaya berjalan tidak stabil.
c. Kehilangan memori dan kesulitan kognitif.
d. Depresi, perubahan suasana hati, dan mudah tersinggung.
e. Pusing dan sakit kepala ringan.
f. Masalah pencernaan

Beberapa orang dengan kekurangan B12 mungkin mengalami masalah pencernaan seperti kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan, sembelit, atau diare.

Glositis

Peradangan pada lidah, yang disebut glositis, dapat terjadi pada defisiensi B12. Hal ini dapat menyebabkan lidah bengkak, merah, atau halus.

1. Sariawan di mulut
Luka atau bisul yang menyakitkan di mulut bisa terjadi karena kekurangan B12.

Penting untuk diperhatikan bahwa gejala-gejala ini juga dapat dikaitkan dengan kondisi kesehatan lainnya, jadi penting untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan untuk diagnosis dan evaluasi yang tepat jika Anda mencurigai adanya kekurangan B12.

Mereka dapat melakukan tes darah untuk menentukan kadar B12 Anda dan memberikan pengobatan atau suplemen yang tepat.

Komposisi B12

Apakah B12 termasuk asam folat?
Tidak, B12 dan asam folat tidak sama. Vitamin B12 adalah vitamin yang larut dalam air yang penting dalam menjaga kesehatan sel darah merah dan fungsi neurologis. Asam folat adalah jenis vitamin B yang membantu tubuh membuat sel-sel baru dan juga membantu memproduksi DNA.

Makanan apa yang mengandung vitamin B12?
Vitamin B12 ditemukan secara alami pada berbagai makanan hewani, seperti daging, unggas, telur, susu, dan produk susu. Itu juga dapat ditambahkan ke makanan atau dikonsumsi sebagai suplemen oral. Sumber vitamin B12 nabati termasuk sereal sarapan yang diperkaya, ragi nutrisi, dan jenis alga tertentu seperti spirulina.

Buah apa yang kaya B12?
Kebanyakan buah-buahan tidak mengandung vitamin B12, tetapi beberapa buah-buahan kering dan jus diperkaya dengan vitamin tersebut. Beberapa contohnya termasuk kismis, kurma, plum, dan aprikot yang diperkaya atau diperkaya dengan B12.

Kesimpulan

Vitamin B12 sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan tubuh kita. Ini membantu kita untuk tetap berenergi dan fokus sepanjang hari. Kekurangan nutrisi ini dapat menimbulkan berbagai gejala, antara lain kelelahan, sulit berkonsentrasi, dan masih banyak lagi.

Mengikuti nasihat yang baik dari profesional medis akan membantu memastikan kebutuhan nutrisi Anda terpenuhi untuk kesehatan yang optimal. Jadi apa yang Anda pikirkan? Apakah Vitamin B12 merupakan sesuatu yang harus Anda perhatikan untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental Anda?

Baca Juga

#Gan | webmd.com/ hsph.harvard.edu

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Minggu 14 April 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS