Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Thursday, August 20, 2020

Menag Fachrul Razi: Manfaatkan Momentum 1 Muharam 1442H Teguhkan Persatuan Wujudkan Indonesia Maju

Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi, saat memberikan keterangan pers usai Rapat Terbatas (Ratas). (Foto: Dokumentasi Humas Setkab).

JAKARTA.BM- Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengajak umat Islam untuk manfaatkan momentum 1 Muharam 1442 Hijriah untuk teguhkan persatuan menuju dan mewujudkan Indonesia maju.

Menurutnya, tahun baru hijriah selalu mengingatkan umat Islam pada momen bersejarah hijrah Rasulullah dari Makkah ke Madinah. Semangat hijrah, menurut Menag, adalah berpindah dari keadaan yang tidak baik di suatu tempat ke tempat lain untuk menggapai keadaan yang lebih baik.

Hal ini, lanjut Menag, mengandung makna sangat tinggi bagi berbagai hal yang sama dalam kehidupan manusia. “Meneguhkan persatuan dan mewujudkan kehidupan berbangsa yang lebih baik,” pesan Menag di Jakarta, Rabu (19/8).

“Dalam kehidupan nyata, hijrah bisa bermakna perpindahan dari kemungkaran kepada ketakwaan, dari keterbelakangan kepada kemajuan, dari yang mudarat kepada yang manfaat, dan juga dari peradaban jahiliyah ke peradaban yang bermartabat,” sambungnya.

Menurut Menag, ada beberapa makna  penting yang bisa digali dari peringatan tahun baru hijriah, yakni:

Pertama, hijrah mengingatkan umat pada sikap istikamah atau teguh pendirian Nabi Muhammad SAW yang tetap berjuang menyebarkan Islam meski menghadapi berbagai rintangan, hambatan dan ancaman.

Kedua, hijrah cermin kecerdasan pemikiran Nabi dalam perjuangan dakwahnya, menyebarkan agama Islam.

Ketiga, hijrah bermakna berpindah dari keadaan yang tidak atau kurang baik, ke keadaan yang lebih baik.

“Mari peringati tahun baru Islam dengan penuh syukur. Manfaatkan kehadirannya untuk terus berusaha hijrah menjadi manusia, bangsa dan umat yang  lebih baik. Mari hijrah dari berbagai kepurukan akibat dampak wabah Covid-19, ke perbaikan yang telah dirancang untuk dilaksanakan bersama-sama. Semoga cita-cita Indonesia Maju segera terwujud. Aamiin,” tutur Menag.

“Di tengah pandemi, tetap terapkan protokol kesehatan. Sambut tahun baru dengan kesederhaan dan penuh rasa syukur. Tetap aga jarak, gunakan masker, dan rajin cuci tangan,” tutupnya. 

Baca Juga


# Gan | Humas Kemenag

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Jumat 29 Maret 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS