Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Friday, January 4, 2019

Diduga, Pelajar Indonesia Kerja 40 Jam Seminggu di Pabrik Taiwan

Students forced to work in contact lens factory. (Photo from Ko Chih-en)

mediabenangmerah.com
Media lokal Taiwan memberitakan adanya 300 pelajar Indonesia yang 'dipaksa' kerja 40 jam seminggu di pabrik lensa kontak setempat. Akibat dari laporan ini, perekrutan dan pengiriman mahasiswa skema kuliah-magang ke Taiwan dihentikan sementara.

Taiwan News menurunkan laporan adanya enam universitas Taiwan yang mengirim mahasiswa-mahasiswa asing untuk bekerja di pabrik setempat. Mahasiswa asing ini berasal dari negara-negara yang termasuk dalam kebijakan NSP atau New Southbound Policy, di mana Indonesia merupakan salah satu negara target.

Dalam laporan itu disebutkan bahwa ada 300 pelajar Indonesia di bawah usia 20 tahun yang terdaftar di Universitas Hsing Wu melalui jasa agen ( sumber;Lihat! ).

Media Taiwan tersebut mengutip pernyataan politisi lokal, yakni Ko Chih-en, yang mengatakan para pelajar hanya dibolehkan mengikuti kelas dua hari seminggu dan satu hari libur. Sementara empat hari lainnya digunakan untuk bekerja di pabrik, di mana mereka mengemas 30.000 lensa kontak dalam satu shift kerja selama 10 jam.

Menteri Pendidikan Taiwan sebenarnya melarang program magang selama tahun pertama kuliah. Namun terlepas dari larangan ini, kampus yang dilaporkan mengatur para pelajar tersebut untuk bekerja dalam kelompok.

Dalam laporan lainnya, media Taiwan News juga menulis perihal ditemukannya mahasiswa Sri Lanka yang bekerja secara ilegal di negara itu.

Sebanyak 40 mahasiswa Sri Lanka dipekerjakan tanpa izin di rumah jagal yang ada di kota Taipei dan Tainan (sumber;Lihat! ) .

Akibatnya, universitas yang menampung puluhan pelajar itu, yakni Universitas Kang Ning, didenda sekitar Rp 230 juta.



# Gan | Taiwannews

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Kamis 09 Mei 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS