Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Sunday, August 9, 2020

Atasi Soal Pandemi dan Ekonomi, Jokowi: Tinggalkan Cara Lama, Lahirkan Lompatan Kemajuan

Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan melalui tayangan virtual yang ditampilkan dalam Kongres Partai Gerindra, Sabtu (8/8). (Foto: BPMI)

JAKARTA.BM- Negara-negara tengah menghadapi ketidakpastian karena pandemi sekaligus dampak ekonomi yang ditimbulkannya dan saat ini lebih dari 18 juta penduduk dunia telah terinfeksi Covid-19 sehingga perekonomian global juga mengalami penurunan cukup dalam.

Di tengah situasi tersebut, bangsa Indonesia yang dikenal sebagai bangsa pejuang harus mampu mengatasi persoalan tersebut dengan kemampuan sendiri. Persoalan yang juga dihadapi oleh setidaknya 215 negara di dunia harus dapat dijadikan momentum bagi transformasi kemajuan bangsa.

“Kita tidak cukup keluar dari krisis, tapi inilah momentum, inilah saatnya kita untuk melakukan transformasi. Meninggalkan cara-cara lama, membangkitkan kekuatan sendiri, serta melakukan lompatan-lompatan kemajuan,” ujar Presiden Joko Widodo melalui tayangan virtual yang ditampilkan dalam Kongres Partai Gerindra, Sabtu (8/8).

Persoalan kesehatan dan ekonomi yang tengah dihadapi ini memberi banyak pelajaran berharga bagi kita. Terhadap segala kekurangan yang ada, maka kita perbaiki. Terhadap segala sesuatu yang masih berjalan lamban, maka harus kita percepat.

Kepala Negara meyakini bahwa bangsa Indonesia memiliki kemampuan dan modal dasar yang sangat kuat untuk berdiri di atas kaki sendiri dan mengatasi persoalan tersebut secara bersama-sama. Jumlah penduduk yang sangat besar serta penduduk dengan usia produktif yang juga besar menjadi sebuah kekuatan produktif negara yang harus dimanfaatkan.

“Saatnya kita melihat apa saja yang menjadi kekuatan negara kita untuk melakukan lompatan-lompatan kemajuan itu,” ucapnya.

Namun, di saat yang sama, Kepala Negara mengatakan bahwa kita juga harus memahami bahwa kemampuan kita untuk bertahan dan keluar dari persoalan kesehatan serta ekonomi itu amat bergantung pada perjuangan yang kita lakukan sendiri.

“Kita harus mampu mengatasi persoalan kita sendiri, dengan cara dan kemampuan kita sendiri untuk mencapai kepentingan nasional dan mewujudkan tujuan besar bangsa kita. Semangat inilah yang harus kita terus gelorakan saat kita menghadapi situasi yang sangat sulit ini,” tuturnya.

Baca Juga


# Gan | BPMI

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Jumat 29 Maret 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS