Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Friday, April 3, 2020

Polisi Amankan Pria Penyebar Hoaks Penutupan Jalan di Rawa Bokor





JAKARTA.BM- Kepolisian Daerah Metro Jaya berhasil menangkap seorang pria berinisial KM diduga sebagai penyebar informasi bohong atau hoaks tentang penutupan jalan di daerah Rawa Bokor, Kota Tangerang, lantaran menjadi zona merah penyebaran virus corona (Covid-19).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes. Pol. Drs. Yusri Yunus mengatakan bahwa Polsek Benda Tangerang sudah mengamankan pelaku, Kamis (02/04).

Hal ini lantaran viralnya video rekaman penutupan jalan di Rawa Bokor beredar luas di aplikasi pesan WhatsApp. Dalam video itu, terlihat sebuah truk yang membawa beton pembatas jalan berhenti di sebuah perempatan.

Dalam video tersebut, ada seorang pria menyampaikan bahwa akses jalan ke Rawa Bokor akan ditutupi dengan beton karena menjadi kawasan zona merah.

Yang bernadakan “Sekarang Rawa Bokor prapatan (perempatan) mau ditutup ya, zona merah, mau ditutup sudah disiapin tuh mobilnya. Jadi, sementara jangan kemana-mana, di rumah aja ya nunggu dianterin,” ucap pria  dalam video.

Setelah video itu viral, pihak Kepolisian langsung melakukan pengecekan ke lokasi. Hasilnya, informasi dalam video tersebut adalah bohong atau hoaks.

Kombes Pol. Yusri menjelaskan peristiwa yang ada dalam rekaman video itu merupakan kegiatan jajaran Dinas Perhubungan Tangerang Kota yang tengah merapikan beton pembatas jalan.

Dikatakan sejauh ini, Polda Metro Jaya tengah menyelidiki 43 kasus penyebaran berita bohong atau hoaks terkait wabah virus corona (Covid-19). Dari 43 kasus itu, empat orang ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan.

Pertama, kasus hoaks tentang penutupan sejumlah pintu tol keluar-masuk Jakarta. Kedua, hoaks tentang penutupan jalan di Cipinang Melayu, Ketiga hoaks tentang seseorang yang diduga terinfeksi Covid-19 di sebuah pusat perbelanjaa dan keempat hoaks tentang seorang pasien yang terinfeksi virus corona di Bandara Soekarno Hatta.

Baca Juga



# HK | Humas Polda Metro Jaya

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Kamis 18 April 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS