Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Saturday, March 28, 2020

Update Covid-19 Kota Padang, 27 Maret 2020; 2 orang Positif, 6 orang PDP, PPT 1.347 orang


Padang(SUMBAR).BM- Wako Mahyeldi menyebut, dari update informasi terkini covid-19 Kota Padang per 27 Maret 2020, sudah terdapat 2 yang orang positif covid-19. Dimana Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 6 orang, menunggu hasil 4 orang, Orang Dalam Pengawasan (ODP) 79 orang dan Pelaku Perjalanan ke daerah/negara Terjangkit (PPT) sebanyak 1.347 orang.

Ia melanjutkan, sekaitan penganggaran dana yang bisa digunakan dalam penanganan dampak covid-19 bagi masyarakat yaitu melalui APBD Kota Padang sudah menyediakan dana Rp78 miliar di samping dana tak terduga sebanyak Rp4 miliar.

"Karena memang, Kota Padang yang memiliki penduduk satu juta jiwa lebih membutuhkan anggaran yang cukup banyak untuk penanganan covid-19 ini," ungkapnya di Ruangan Padang Command Center (PCC) Balai Kota Padang.

Ia pun mengatakan RSUD dr. Rasidin yang siap untuk dijadikan sebagai salah satu tempat isolasi, dengan syarat pasien sakit biasa yang ada di rumah sakit tersebut saat ini bisa dipindahkan kepada rumah sakit lainnya.

"Insya Allah kita sekarang sudah menyiapkan untuk isolasi pada ruangan-ruangan yang ada di RSUD dr. Rasidin," sebutnya.

Selanjutnya terkait dengan pembutan Jaring Pengaman Sosial (JPS) sebut Mahyeldi, pihaknya sudah mempersiapkan kelembagaan sosial yang ada seperti Baznas dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang ada di Kota Padang untuk menghimpun dana dari para donatur yang akan diberikan kepada penerima dampak covid-19 secara tepat sasaran.

"Terutama untuk mengatasi warga yang terdampak akibat penanganan covid-19. Sebagaimana dari hitungan kami yang terdampak di Kota Padang tidak kurang daripada 300.000 jiwa atau 30 persen dari jumlah penduduk Kota Padang. Selain itu bantuan tersebut juga sekaligus untuk penguatan modal usaha ketika bencana covid-19 sudah berakhir nantinya," tukuknya.

Lebih lanjut, Wako menyampaikan tidak saja dalam penanganan covid-19, Pemko Padang bersama DPRD, unsur Forkopimda dan semua elemen di Kota Padang senantiasa bersinergi dalam menyikapi semua hal di Kota Padang.

"Alhamdulillah untuk pengalokasian anggaran yang akan kita gunakan untuk mengatasi permasalahan covid-19 ini sudah kita mulai pembicaraannya dengan DPRD. Mudah-mudahan semuanya berjalan dengan baik dan sebagaimana mestinya," cetusnya.

Upaya yang dilakukan selanjutnya papar wako lagi, saat ini pihaknya tengah fokus dalam pengendalian terhadap warga yang masuk ke Kota Padang. Apabila ditemukan ada yang Pasien Dalam Pengawasan atau positif covid-19 maka pihak berwenang tak segan-segan melakukan tindakan tegas sesuai aturan.

"Untuk itu kami mohon dukungan kepada pak Gubernur, karena Padang diketahui merupakan daerah lalu lintas antar daerah di Sumbar. Semoga dengan dukungan daripada kita semua tentu ini akan berjalan secara baik tentunya," tukuknya.

Baca Juga


# Gan | Prokom Padang

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Jumat 29 Maret 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS