Breaking

"BAHAYA MASIH MENGANCAM"
"JANGAN KENDOR! TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN"

Tuesday, March 17, 2020

Kabid Humas Polda Sumbar: Waspadai Modus Kejahatan Baru Terkait Corona


Padang(SUMBAR).BM- Kepolisian Daerah Sumatera Barat mengimbau  kepada masyarakat untuk mewaspadai modus kejahatan baru yang memanfaatkan berita terkait virus corona. Diantaranya adalah para pelaku kejahatan mengaku sebagai petugas kesehatan.

Aksi kriminal tersebut dilakukan dengan modus menawarkan penyemprotan desinfektan ke rumah masyarakat. Apabila ditemukan, masyarakat dapat melapor hal tersebut. Modus tersebut sudah terjadi di luar Sumatera Barat, dimana pelakunya menyamar berpura-pura menjadi tenaga medis, dan datang ke rumah-rumah masyarakat. Alasannya untuk melakukan penyemprotan terhadap virus corona, setelah itu baru melakukan aksi kejahatan.

Polda Sumatera Barat mengimbau kepada masyarakat bila ada tamu yang datang ke rumah dan mencurigakan, segera laporkan kepada tetangga terdekat, mungkin dengan cara berteriak agar kejadian itu diketahui tetangga.

Polda Sumatera Barat beserta jajaran Polres di Kabupaten dan Kota seiring dengan ada modus operandi kejahatan baru tersebut, akan meningkatkan patroli untuk mengantisipasi, dan penegakan hukum terhadap pelaku kejahatan.

Langkah-langkah antisipasi yang dapat dilakukan masyarakat, diantaranya dengan meminta surat tugas tamu yang datang, cek identitas yang bersangkutan, apabila ada yang janggal laporkan pada aparat pemerintah terdekat RT/RW/Kepala Desa/Lurah hingga kepolisian melalui Bhabinkamtibmas

Masyarakat diminta jangan lengah dan selalu waspada. Karena kejahatan bukan karena ada niat tapi karena ada kesempatan.

“Kami imbau masyarakat waspada. Ini untuk antisipasi dan pencegahan, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Meskipun memang kita untuk di Sumbar belum menerima laporan kejadian seperti itu,” pungkas Kabid Humas Polda Sumatera Barat, Kombes Pol. Stefanus Satake Bayu Setianto.

Baca Juga


# HK | Humas Polda Sumbar

No comments:

Post a Comment

" Klik! Informasi yang Anda Butuhkan "



"Prakiraan Cuaca Jumat 29 Maret 2024"




"BOFET HARAPAN PERI"

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS